Home » » OSIS Milik Semua Siswa

OSIS Milik Semua Siswa


OSIS  Milik Semua Siswa
Oleh: Fajar Martha, S.Pd


Menjadi seorang siswa bukanlah hal mudah, namun bisa dipermudah jika kita mau menjalaninya dengan baik. Menjadi siswa jangan hanya sebatas SIPUT(Siswa Pulang dan Tidur). Kita harus menjadi SINGA (Siswa Nasionalis Gerak Aktif) yang luar biasa dalam mengikuti arus pergaulan sekolah yang memberikan dampak positif bagi kita.
Di sekolah, bagi siswa yang ingin mengurangi rasa bosan dan berjiwa aktif dengan rasa sosial yang tinggi. Itu semua bisa diwujudkan dengan bergabung di OSIS. Disana kita bisa menyalurkan seluruh aspirasi kita.  OSIS sebagai Organisasi Siswa Intra Sekolah tidak bisa dipisahkan dengan siswa yang menimba ilmu di sekolah. Namun kesadaran berorganisasi itu sangat minim dewasa ini dengan berbagai macam alasan seperti capek dan disuruh-suruh terus. Padahal, aspek utama yang harus kita bangun terlebih dahulu untuk membuat diri kita nyaman dalam rapat serta menjalan aktivitas dan program OSIS adalah mental, komunikasi dan rasa memiliki sebagai siswa persahabatan, kepemimpinan dan kemandirian. Jika kita sudah punya mental, komunikasi dan rasa memiliki pada OSIS, maka akan mudah bagi kita untuk menjalaninya tanpa ada unsur paksaan atau hanya ingin sekedar eksis di sekolah, sehingga rasa puas timbul dalam diri kita sebagai siswa sejati.
Puas???Yupz..dengan mengikuti OSIS, kita bisa menemukan kepuasan dalam  memperluas tidak hanya pergaulan di lingkungan sekolah, tetapi juga jaringan,  meningkatkan wawasan/pengetahuan, membangun kreativitas dalam kemandirian, membentuk pola pikir dan sikap menjadi dewasa, menjadi kuat dalam menghadapi tekanan hidup, mproblem solving dan mengatur manajemen konflik, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, melatih kepemimpinan, belajar mengatur waktu, mengasah kemampuan sosial serta ajang latihan dunia kerja yang sesungguhnya.
Betapa pentingnya organisasi tidak mampu kita ukur dengan hasil belajar, namun bisa kita rasakan dengan perasaan. Seorang siswa akan mengarungi perjalanan panjang dalam hidup untuk meraih mimpinya sebagai seorang pelajar, kemudian mendapatkan pekerjaan yang layak tentunya. Begitulah kira-kira keinginan semua siswa yang berjuang keras melewati perjalanan panjangnya selama duduk di bangku sekolah. Perjalanan panjang itu tidak boleh disia-siakan, karena kita harus bisa memanfaatkan segala hal yang baik untuk memberi hasil positif bagi diri kita sendiri. Akan lebih baik jika kita juga mampu memberikan dampak positif bagi orang lain dalam menjalani hidup. Seperti layaknya kehidupan, ada siang dan malam, ada makanan dan minuman, ada lelaki dan perempuan, begitu juga di OSIS ada susah dan senang.
Itulah kira-kira gambaran yang mungkin bisa memotivasi siswa di lingkungan sekolah agar mampu menemukan jati dirinya sebagai siswa dengan mengikuti OSIS.
Seorang siswa sejati akan mengarungi perjalanan panjang untuk meraih mimpinya sebagai seorang pelajar, kemudian mendapatkan pekerjaan yang layak tentunya. Begitulah kira-kira keinginan semua siswa mulia yang berjuang keras melewati perjalanan panjangnya selama duduk di bangku sekolah. Perjalanan panjang itu tidak boleh disia-siakan, karena kita harus bisa memanfaatkan segala hal yang baik untuk memberi hasil positif bagi diri kita sendiri. Akan lebih baik jika kita juga mampu menjadi inspirasi untuk kemajuan sekolah.
Akhir kata
SELAMAT UNTUK KALIAN
dan
WUJUDKAN MIMPI DENGAN EKSPRESIKAN DIRI

Share this article :