Home » » Semangat TryOut UN SMP 2013

Semangat TryOut UN SMP 2013


Wahh, sebentar lagi kakak-kakak kelas 9 SMP Paramarta akan menghadapi ujian nasional (UN). Kita dari OSIS kelas 7 dan 8 punya beberapa tips nih sebelum benar-benar bertempur pada Ujian Nasional yang sesungguhnya,. Biasanya pihak sekolah maupun bimbingan belajar rutin mengadakan try out sebagai bentuk pembiasaan sebelum para siswa mengahdapi ujian yang sesungguhnya. Berikut tips yang bisa kamu terapkan saat menghadapi try out ujian nasional.
1. Siapkan alat tempur. Alat tempur yang dimaksud disini adalah alat tulis (pensil, penghapus, penggaris, dll) dan pernak-pernik yang dibutuhkan lainnya. Pastikan alat tulis yang kamu pakai adalah asli dan milik sendiri. Jangan sampai pinjam-pinjam yaa!
2. Setting pikiran kamu. Walaupun hanya try out dan belum tentu menjamin nilai akhir, jadikan try out ini seakan-akan Ujian Nasional yang sesungguhnya. Kalau kamu bisa menghadapi try out dengan tenang dan lancar maka kemungkinan besar sikap ini akan terbawa sampai ke ujian nasional.
3. Kontrol emosi. Salah satu kesalahan fatal yang kerap kali terjadi saat nenghadapi ujian adalah emosi yang tidak stabil. Jangan berfikir tentang soal yang tidak bisa kamu kerjakan atau nilai yang mungkin anjlok. Sebaliknya, tanamkan pikiran positif bahwa kamu bisa mengerjakan soal-soal ujian dengan baik. Sematang apapun persiapan kamu kalau tidak didukung dengan pikiran positif maka kamu akan kesulitan menyelesaikan soal-soal try out.
4. Matangkan persiapan. Try out adalah gambaran kasar dari ujian nasional yang sebenarnya. Soal tentu saja berbeda, namun bentuk soal pasti tidak jauh berbeda. Perbanyak latihan soal-soal. Luangkan waktumu satu jam sehari untuk mengerjakan soal kisi-kisi ujian nasional.
Selamat mencoba!
Share this article :